Me and UBER

Everyday is a brand new day, especially when you are an uber driver. Yes I was their partner for a few months in 2016. It’s quite fascinating. Meet with different strangers out there, taking them to their destination which sometime I feel like in the middle of nowhere, talk to them mostly as if we’re known before and through all of it I am not only earn money but also learn many things.

It was started in the middle of my jobless life, finding out how to pay my bills, finally I decide to submit the requirement online then got approval the next day after seat in for 15 minutes introduction about how to use the apps, and voila! I’m officially an uber driver. It took a few days to take courage to start my first trip. Keep wondering how it’s gonna be…I just got my driving license last year, my driving speed is quite slow, I only know some of the area in Bandung, less experience driving through shortcut and small road, and I’m worry what kind of passenger that I will have?  But finally…here I go!

First trip saya cukup berkesan. Destinasinya adalah Baleendah. Sering banget denger nama daerahnya (karena sering banjir) but to be honest, I have no idea which way should I go to get there. Yang pasti, it sounds far-far away! Mau nolak ga mungkin karena penumpangnya udah masuk mobil, mau cari alesan supaya dicancel juga ga enak, jadi ya sudahlah..

Seneng rasanya memang dapet orderan, artinya bakal dapat duit, tapi tiap-tiap dapet notifikasi rasanya selalu was-was juga karena informasi yang didapat cuma lokasi penjemputan, tanpa tau nama penumpang atau destinasinya. Kalo beruntung, jarak tempuhnya deket atau bukan  ke daerah macet, kalo apes jarak tempuhnya bisa jauh juga harus melewati titik-titik kemacetan yang menguji kesabaran.

Mungkin cuma supir uber yang seneng kalo nemu macet karena argo terus berjalan. Penumpangnya yang ketar ketir karena ga bisa tau argonya udah sampe di angka berapa sebelum sampe di tempat tujuan. Dibandingkan sama kompetitor, kalo nemu macet pasti supirnya bete karena mereka yang lebih dirugikan. Overall, secara sistem sepertinya uber sedikit lebih baik dibanding toko sebelah. Ga paham juga sih perhitungan pendapatan sistem toko sebelah, tapi so far saya cukup merasa puas kok dengan uber.

Salah satu hal yang paling menyenangkan adalah ketika tiap dapet penumpang kemudian mereka berkomentar ” Saya baru lho nemu supir uber nya perempuan..” dengan nada bicara yang terdengar positif.  Alhamdulillahnya ternyata pengguna uber itu memang lebih banyak perempuannya. Senengnya lagi, kalo penumpang perempuan itu seringkali lebih seru buat diajak ngobrol. Ditanya dikit aja jawabnya bisa panjaaanngg. Bahkan ga jarang jadi saling curhat colongan dan berasa udah kenal lama, padahal baru ketemu. Saya sih seneng-seneng aja, jadi kalopun macet ga berasa lama dan suasana selama di perjalanan jadi lebih menyenangkan aja sih. Ketimbang diem-dieman, malah jadi awkward moment dan berasa banget jadi “supir”nya. Tapi kalo penumpangnya lagi ga mood cerita sih saya juga ga maksa kok. Let the awkward moment happened during the trip. Hehe.

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah “emang ga takut ya mba jadi supir uber?”. Mengingat banyak kejadian kriminal yang makin kesini ceritanya makin aneh-aneh, wajar sih kalo pertanyannya seperti itu. Kalo boleh jujur takut juga sih, tapi bismillah aja lah, namanya juga usaha. Meski hanya part time, banyak banget bright side nya. Dapet penghasilan sih udah jelas, selain itu saya jadi tau jalur kesana kesini, sedikit berdamai dengan kemacetan atau pengguna jalan yang nyeleneh, dapet info atau ilmu baru dari penumpang, dan yang pasti saya jadi lebih menghargai pekerjaan seorang supir. To be honest, when I was a supervisor in a company who has drivers, I gave lots of command to go here and there, sometime non stop, without noticing their condition. And now I know how they feel! I guess it’s kind of karma..haha..

Kadang sepi kadang rame. Kadang mati gaya nunggu orderan tapi kadang mau buang air kecil aja susah, saking ga ada waktu buat melipir. Seneng kalo dapet penumpang yang minta dianter kesana kesini dalam satu trip daripada dapet trip pendek tapi abis itu bengong lagi. Seneng juga kalo bandung udah mulai diguyur ujan, itu artinya ada kemungkinan si “petir” bakal muncul. Petir ini menunjukkan tingkat permintaan dari pengguna di daerah tertentu. Kalo ujan biasanya permintaan meningkat dan argo pun menyesuaikan dengan tingkat permintaan. Bisa jadi 2-3x lipat dari argo normal. Ga cuma kalo ujan sih, weekend juga sering begitu. Jadi makin berkesan tripnya, at least for me, hehe.

Speaking of berkesan, selain trip pertama ada lagi nih trip berkesan lainnya. Waktu itu dapet penumpang 4 orang minta dianter ke daerah Punclut. Berhubung mobil saya matic dan mini, kalo dibawa ke daerah yang naik-naik ke puncak gunung gitu agak beresiko. Selain itu emang skill nyetir saya yang terbatas, saat itu terpaksa nurunin mereka sebelum tujuan karena mobilnya ga kuat nanjak! Duh maafkan yah..parno juga kalo makin lama medannya makin parah. Sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akhirnya dengan berat hati saya putar balik dan ngorderin gojek buat mereka. Eh ternyata mereka tetep kasih saya bintang 5 dan kasih komen “kakanya baik sekali”. Antara terharu dan curiga, jangan-jangan mereka sebenernya berkomentar sinis. Hehe..

Gitu deh suka dukanya selama “nguber”. Ga cuma itu, sejak “nguber” saya jadi ‘ngeh’ juga sama kelakuan saya kalo lagi nyetir. Pengen tau sifat asli seseorang? Coba liat ketika mereka berada di balik kemudi. Sehari-harinya mungkin terlihat sabar, nah kalo lagi nyetir, apa masih sabar? hehe..

Taun lalu emang belum banyak supir perempuan, jadi dulu masih berasa eksklusif. Tapi makin kesini makin banyak jumlahnya and it become a common thing which is a great! Meski kayanya masih ada aja penumpang yang ga nyaman disetirin sama perempuan, entah karena cara nyetirnya (yang lelet hehe) atau alasan lainnya.

Meski cuma sebentar jadi uber driver tapi performance saya lumayanlah, sering juga dapet rating bintang 5, yeay!

Nah karena satu dan lain hal, taun ini sih saya lebih banyak jadi penumpang taksi online ketimbang jadi supirnya. Dari info yang didapat, pamor uber di bandung mulai agak kalah sama kompetitor sebelah. Kalo ditanya preferensi mana yang lebih ok dari sisi pengemudi jawabnya beda-beda, tapi yang pasti sekarang tiap pengemudi ga hanya terdaftar di satu provider taksi online. Meski masih ada rusuh dan demo terhadap taksi online, nyatanya jumlah mereka terus bertambah tuh tiap harinya! Semoga kedepannya bisa saling menerima antara yang online dan offline. Kalo udah gitu, mungkin saya bakal “nguber” lagi. Ada yang mau saya uber-in? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: