Last Minute Trip

Dulu, yang namanya liburan ke luar negeri rasanya cuma bakal ada di awang-awang doang. Gimana bisa liburan, liat duit di tabungan rasanya ga pernah jutaan..keisi dikit pasti diambil, so holiday is totally out of my plan, but I’ve been dreaming it for so long, and finally I did it. The first country that i ever visit is Singapore, the closest neighbor of my beloved country, Indonesia. Once you do it, i mean travelling, you will crave for some more. So, no matter what, even you couldn’t eat for 2 weeks, get some loan, ripping off your own saving, selling your stuff, works longer, doing everything that makes more money, you will try your best to have another trip.

My first trip to Singapore happened in 2005. Nebeng sama kakak yang kebetulan saat itu ada kerjaan di sana. Berhubung dibayarin sama kantor, kakak dikasih nginep di salah satu hotel bintang 5 di Orchard. Cihuy! Jadi lumayanlah ga usah keluar duit buat hotel. Apesnya pesawat yang diprovide sama kantornya dia itu pake airlines Garuda Indonesia. Nah, since it is my first time having trip abroad, ketika ditawarin untuk naik airlines yang lebih murah saya langsung ciut ga berani. Jadilah saya beli tiket flight yang barengan sama dia. Biarpun mahal yang penting saya tenang.

Begitu sampe di Changi Airport, saya celingak celinguk, pelanga pelongo, takjub liat kemegahan airportnya. Iya, udik emang, I admit it. Ga cuma di airport, di MRT dan sepanjang perjalanan selama saya disana, saya mengagumi kehebatan negara kecil itu. First thing that pop up in my mind, “kapan Indonesia bisa kaya gini?”, hopefully one day ya. *fingercrossed

Setelah dikasih beberapa tips sama kakak, akhirnya saya berani jalan-jalan sendirian disana. Merlion dan IKEA (yang saat itu belum ada di Indonesia) ada di top list saya. Sisanya saya ngikutin apa yang direkomendasikan sama buku panduan wisata untuk turis. Dari sekian tempat-tempat wisata yang ada, salah satunya saya mengunjungi Suntec City and the fountain of wealth. Air mancur yang terletak di tengah-tengah mall ini konon katanya once we touched the water it will make us come back to Singapore, so I did it. And its true!! Walaupun baru 5 taun kemudian saya dateng lagi ke Singapore. At least, the myth is true. Mungkin cuma kebetulan aja, baru dapet rejekinya 5 taun kemudian, tapi saya jadi sedikit agak percaya. Yang penting ga nyesel waktu itu megang airnya. Mudah-mudahan one day bisa balik lagi ke Singapore, soalnya 2x kesana planning nya kurang mateng. Yang pertama baru orientasi lapangan, yang kedua berangkatnya dadakan, nah ini yang mau saya ceritain berikutnya.

Berhubung rencananya dadakan, pake tiket pindah nama karena ngegantiin kakak saya yang ga bisa berangkat, therefore pergi lah saya ke SG.  Ga punya banyak waktu buat browsing, sampe-sampe ga sempet booking hotel tapi tetep nekat pergi kesana karena tiket yang harganya berjuta-juta itu udah di tangan. Ga bisa refund, jadi ogah rugi. Worst scenarionya tidur di mesjid kali yak buat semalem, tapi Alhamdulillah ga kejadian. Sempet panik juga soalnya pas landing disana udah jam 10 malem. Begitu masuk airport langsung nyalain hp, browsing dan telp sana sini nanya apa ada kamar apa engga. Dari 4 hotel yang udah dicatet no telp nya semuanya fullbooked. DAMN! Sempet hopeless, gimana nasibnya ini? Sampe sms beberapa temen di Indo dan kakak-kakak di Bandung, suruh pada browsing dan kirimin no telp hotel sebanyak-banyaknya, biar pulsa saya ga terlalu jebol. Hihi.

Tiga puluh menit pun berlalu, ga kerasa udah hampir beres ngantri di imigrasi dan masih belum tau mau pergi kemana. Tengok kanan kiri, kali aja ada yang kenal, ah tapi rasanya ga mungkin banget. Option lainnya adalah mencari orang Indonesia dan tanya mereka nginep dimana, kali aja bisa numpang semalem di kamar.  Ah tapi gila aja, keliatan banget desperate dan ga modalnya. Hehe. Untung waktu itu perginya barengan sama temen kakak. Sambil antri imigrasi saya pun cerita kalau saya belum dapet hotel. Akhirnya dia berbaik hati menawarkan untuk nginep di sebuah apartemen tempat dia nginep selama di SG. Mungkin agak terpaksa karena takut digebukin kakak saya kalo ketauan menelantarkan saya di SG. :p

Tadinya niat awal saya ga mau nyusahin temen kakak saya itu. Niatnya di bandara mau misah aja, pergi sendiri, I can take care of my self, tapi ternyata malem itu saya ngerasanya ga berdaya banget. Tengah malem, di negeri orang,sendirian, rasanya sombong banget kalo masih ga mau dibantu. Akhirnya malem itu saya punya tempat buat tidur. Bisa sedikit agak bernapas walau usaha cari hotel tetep berjalan.Walau tempatnya enak banget tapi tekad untuk berpetualang sendiri masih tinggi. Untungnya masih nemu hotel yang mau nampung saya besoknya. Jadi, pagi-pagi abis sarapan langsung check out, menuju hotel yang saya booking. Doanya cuma satu, ga salah pilih hotel.

Ternyata cari hotel saat weekend di SG itu ga gampang yah. Please don’t mention hotel-hotel di orchard road karena yang pasti budgetnya udah ga masuk. I am looking for backpacker hostel and guess where I stay? If you guess at Geylang, you are correct! I don’t have any other option at that time other than staying at SG red district. Nama tempatnya Betel Box backpacker hostel. Agak jauh dari stasiun MRT. Susah banget nyarinya, sampe-sampe muterin daerah situ selama 2 jam. Lumayan gempor juga, mana lagi panas-panasnya pula. Ternyata tempatnya ada di lantai 2 dan sign board nya mini, ga eye catching. Itupun saya tau setelah saya telpon hotelnya 2x dan minta disusulin ke tempat saya berdiri saat itu. Apparently I was standing 20 meters away from the hotel and I am so happy to see the girl from the hotel.

Kamar yang tersisa saat itu hanya dormitory cewek buat 8 orang, terdiri dari 4 bunk bed di sebuah ruangan ukuran sekitar 4×4 meter. Harga semalemnya SGD 23, kalo diconvert cuma sekitar 100 ribuan rupiah, karena saat itu dollar SG ga semahal sekarang. Beberapa kasur udah terisi dan saya mengambil spot yang masih tersisa. Karena saya datang pas siang hari, kamarnya kosong. So I have a little time to laying on the bed after walking around. Fasilitas lainnya standar lah, kamar mandi luar yang dipake barengan sama semua penduduk hostel, sarapan ala backpacker (buah dan roti, plus teh atau kopi), dan sofa-sofa di ruang tengah buat ngobrol-ngobrol sesama tamu hostel, tapi karena saya cuma semalem jadi ga sempet kenalan sama yang lain.

Sorenya saya jalan-jalan keliling SG pake bus yang kebetulan haltenya ga jauh dari hostel. Karena ga punya tempat spesifik yang dituju jadinya bus hopping aja selama 1 jam. Sok buang-buang duit yah naik turun bus tanpa tujuan, hehe. Tapi bright side nya jadi tau keadaan di pinggiran kota, ga cuma tempat  wisatanya aja. Siapa tau aja singapur juga punya daerah kumuh tapi ternyata ga nemu yang sekumuh di Indonesia. So far emang flawless negaranya diliat dari kebersihan sama tatanan kotanya.

Setelah muter-muter, akhirnya saya cuma jalan-jalan di orchard sampe malem, cari makanan terus balik ke hotel. Besoknya lagi-lagi saya ke IKEA sekalian check out dari hostel dan nunggu flight pulang. Betah banget rasanya di IKEA, bawaannya pengen ngeborong ini itu tapi apa daya, budget terbatas. Karena keasikan, saya hampir aja ketinggalan pesawat. Lupa ngitung waktu perjalanan dari IKEA ke stasiun MRT terdekat, nunggu MRT, terus perjalanan ke airport, belum lagi check in di counter, terus mesti lewatin antrian imigrasi sampe nyari gate keberangkatan. Kirain deket, palingan setengah jam nyampe, ternyata salah perhitungan. Untungnya pas, tepat waktu. Sebenernya bisa aja saya nyampe lebih cepet tapi berhubung bawa gembolan hasil belanja singkat di IKEA jadilah pergerakannya agak melambat.  Walau tenaga abis, ga sempet makan, tapi yang penting sih me and my IKEA’s stuff can go home safely 🙂

Thank you Singapore, see you again soon!

p.s: no pic attached, karena waktu itu belum jamannya selfie! :))

 

 

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

